Opera Cake

Opera Cake

Bahan :
Gioconda biscuit :
125 gram almond bubuk [bisa diganti dengan kacang mete bubuk atau kacang tanah bubuk]
125 gram gula pasir halus
30 gr tepung terigu
4 kuning telur
25 gram mentega, cairkan
4 putih telur
20 gram gula halus

Chocolate ganache :
5 gr kopi instant bubuk [nescafe]
200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
150 gr whip cream/krim kental
75 gr mentega

Coffee buttercream :
2 sdt kopi instant [nescafe]
1 sdm air panas
125 gr mentega
200 gr gula bubuk halus/icing sugar

Glazing :
80 gr dark cooking chocolate, potong-potong
80 gr krim kental/whip cream

Cara membuat :
1. Gioconda biscuit :
Campur almond bubuk, gula pasir halus, tepung terigu dan kuning telur, kocok dengan mixer kurang lebih 15 menit. Lalu kocok putih telur dengan gula halus hingga kaku, dan masukkan ke dalam adonan almond sambil diaduk perlahan hingga rata dengan menggunakan spatula. Masukkan mentega yang sudah dicairkan, aduk perlahan hingga tercampur rata. Bagi adonan kue menjadi 3 bagian ke dalam loyang 22 cm X 22 cm dengan suhu tinggi (200 C) kurang lebih 10 menit atau hingga matang. [kue bisa juga dibagi menjadi 6 bagian, sesuai selera saja]

2. Chocolate ganache :
Masukkan krim kental dan kopi instant bubuk ke dalam mangkuk tahan panas lalu masak dengan cara di tim (bagian bawah mangkuk jangan sampai mengenai air), lalu masukkan potongan coklat ke dalamnya, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega, aduk rata dan lembut. Biarkan dingin hingga ganache mengental.

3. Coffee buttercream :
Larutkan kopi ke dalam air panas, biarkan hingga dingin. Kocok mentega dan gula hingga lembut, lalu kemudian masukkan larutan kopi, aduk hingga rata. coffee buttercream siap digunakan.

4. Glazing :
Taruh krim kental di dalam mangkuk tahan panas lalu tim di atas api, masukkan potongan coklat, masak hingga coklat leleh dan tercampur rata, biarkan dingin.

5. Penyelesaian :
Ambil satu lembar cake lalu oles dengan chocolate ganache lalu tumpuk dengan satu lembar cake diamkan selama 15 menit dalam kulkas. Keluark cake dari dalam lemari es lalu oles dengan coffee buttercream hingga rata keseluruh permukaan kue. Ambil satu lembar cake dan tumpuk diatas cake tadi. Dinginkan di dalam lemari es kurang lebih 1 jam. Ratakan pinggiran kue lalu siram dengan glazing. Hias sesuai selera.

Komentar